Rabu, 08 Oktober 2014

SEKILAS TENTANG LETAK DAN SEJARAH MAN 1 KAIBAWANG KULON PROGO



LETAK MAN 1 KALIBAWANG KULON PROGO 
MAN 1 Kalibawang terletak di PantoG Wetan Banjaroya Kalibawang. MAN 1 Kalibawang terletak di ibu kota kecamatan dan satu kompleks dengan Kantor Kecamatan Kalibawang, Koramil Kalibawang, Mapolsek Kalibawang, Kantor Urusan Agama Kalibawang, SMPN 1 Kalibawang, SDN Kalibawang, Puskesmas Kalibawang, Kantor Pengawas Pendidikan Agama (PPA) Kecamatan Kalibawang, Kantor Pos Kalibawang, BRI Kalibawang, dan Masjid Sultan Agung Kalibawang.
MAN 1 Kalibawang terletak kurang lebih 44 km di sebelah utara ibu kota kabupaten Kulon Progo, Wates, 12 km di sebelah selatan kecamatan Muntilan di kabupaten Magelang Jawa Tengah, 12 km di sebelah tenggara Candi Borobudur, Pawon dan Mendut, 13 km arah barat kota Beran, ibu kota kabupaten Sleman. MAN 1 Kalibawang mudah dijangkau karena berada sekitar 100 meter dari jalan raya.
Mata pencaharian sebagian besar penduduk sekitar MAN 1 Kalibawang adalah petani buruh, buruh, dan pengolah hasil bumi dengan pendapatan rendah sampai sedang. Agama Islam dianut lebih dari separoh jumlah penduduk, Kristen Katholik dianut oleh lebih dari 2/5 penduduk, Protestan, dan Budha dianut oleh sisanya.  

SEKOLAH DAN MADRASAH DI SEKITAR MAN 1 KALIBAWANG
a. SLTA di sekitar madrasah meliputi:
I.   SMAN 1 Kalibawang di Desa Banjararum, terletak kurang lebih 7 km arah selatan
II.  SMK Muhammadiyah Kalibawang di Desa Banjararum, terletak 6 km arah selatan
III. MK Maarif Kalibawang, terletak di Desa Banjaroya, terletak berdekatan dengan Man 1 kalibawang 100 m arah utara.
b. SMP di sekitar madrasah meliputi:
I.    SMPN 1 Kalibawang di Desa Banjaroya, terletak 100 m arah timur.
II.   SMPN 2 Kalibawang di Desa Banjarharjo, terletak 2 km arah selatan
III. SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang di desa Banjarharjo, terletak 2,5 km arah selatan
IV. SMP Muhammadiyah 1 Kalibawang di Desa Banjararum, terletak 6,5 km arah selatan
V.   SMP Pangudi Luhur Kalibawang di Desa Banjarasri, terletak 7 km arah selatan.
VI. SMP Maarif Kalibawang di desa Banjaroya, 3 km arah utara.
VII.SMP Katholik Kemasyarakatan Kalibawang di Promasan Banjaroya, 6 km arah barat laut.
       
        SEJARAH MAN 1 KALIBAWANG
Gagasan mendirikan Madrasah Aliyah dimunculkan oleh Drs. Abdul Mukti (Pengawas PAI SLTP/SLTA wilayah Kulon Progo Utara) bersama Muhammad Karsidi (Penilik PAI TK dan SD wilayah Kalibawang), Mudjono (Kepala KUA Kalibawang), dan Drs. Muzilanto (Guru SMP Muhammadiyah Dekso 2 di Banjarharjo) pada tahun 1984.
Niat tersebut disampaikan kepada Camat Kalibawang, Adam Nurdjati. Tanpa pikir panjang beliau menyetujui rencana pendirian tersebut dan memerintahkan untuk segera mendirikan sebuah yayasan bagi umat Islam yang kemudian diberi nama Yayasan Umat Islam Kalibawang (YAUMIKA). Yayasan tersebut kemudian menyusun kepanitian, dengan syarat madrasah tersebut harus negeri. Sambil menunggu proses selanjutnya beberapa orang tersebut membagi tugas. Drs. Abdul Mukti konsultasi ke Kanwil Depag DIY. Muhammad Karsidi ke Kandepag Kulon Progo. Drs. Muzilanto berkonsultasi kepada A. Priharsoyo al-Islamy (saat itu sedang sangat dekat dengan Menteri Agama H. Munawir Sadzali, MA), kepada calon guru dan tata usaha. Pada Mei 1984 diputuskan berdirinya pendidikan Islam formal Madrasah Aliyah. Pada Juli 1984 madrasah tersebut telah menerima siswa baru.
Pada 9 November 1984 terbit Piagam Madrasah Aliyah Swasta Kalibawang, No.: 84/028/C/A, yang ditandatangani oleh Kepala Bidang Binrua Islam Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. M. Shaleh Harun. Pada 12 Januari 1985 melalui SK Ditjen Binbaga Islam No.: KEP/E/KP.03.2/07/85, yang ditandatangani oleh H. Zaini Dahlan, MA. Hal tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh H.M. Djamhari, B.Sc atas nama Kakanwil Depag Provinsi DIY, Madrasah Aliyah Swasta Kalibawang diputuskan menjadi MAN Filial Kalibawang sebagai kelas jauh dari MAN Wates 1 Kulon Progo, dengan penyerahan stempel Madrasah Aliyah Negeri Filial Kalibawang pada acara tasyakur 19 Februari 1985.
Pada tahun 1995, melalui Surat Keputusan Menteri Agama No.: 515/1995, MAN Filial Kalibawang diputuskan menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kalibawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar