Minggu, 28 Juni 2015

KEGIATAN RAMADHAN 1436 H



                Acara Pembukaan: Kepala Madrasah, Drs. H. Mardi Santosa sedang membuka Pesantren Ramadhan 1436 H

Kalibawang – Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para peserta didik kepada Allah subhanahu wa ta’ala, MAN 1 Kalibawang menyelenggarakan Pesantren Ramadhan selama tiga hari – Senin sampai Rabu, 22 – 25 Juni 2015.

Panitia, Pemateri dan Peserta
Panitai dan pemateri kegiatan Ramadhan ini adalah beberapa orang guru dan pegawai yang mendapat SK Tugas dari Kepala Madrasah. Ketua panitia dijabat oleh Marjono, S.Ag, M.Pd.I, Sekretaris dijabat oleh Harmiyati, S.Pd, M.Sc dan Bendahara oleh Siti Cholifah. Beberapa anggota adalah Asliman, S.Ag, Purwanti, Sugiyanto, Marodin, Tursubi, Rohmanu Intoya dan Paidah.
Adapun pemateri adalah Nur Ridho, S.Pd, (Guru Fisika) Sugiyanta, S.Ag, M.Pd, (Guru Bahasa Inggris), Drs. Ismiyono (Guru Bahasa Indonesia), Nurhayanti, S.Pd, M.Sc,(Guru Biologi), Umyun Khabibah,S.Ag (Guru Bahasa Arab), Sudrajad, S.Pd,(Guru PPKn), Munji Jakfar, M.Pd.I (Guru Fikih), dan H. Agus Widodo, SH, MA (Kepala Tata Usaha)

Kajian-kajian dan Ibadah
Dalam Pesantren Ramadhan tersebut diselenggarakan kajian-kajian keagamaan yang disampaiakn oleh para Guru MAN 1 Kalibawang. Diantara bentuk kajian adalah:
1.   Hikmah Puasa Ramadhan oleh Drs. Ismiyono seorang guru Bahasa Indonesia
                                                        Drs. Ismiyono menyampaikan Fikih dan Hikmah Puasa

2.   Penentuan Awal Ramadhan dengan Hisab dan Rukyatul Hilal oleh Sugiyanta, S.Ag, M.Pd seorang guru bahasa Inggris

 Sugiyanta, S.Ag, M.Pd dengan materi Hisab dan Rukyat dalam Penentuan Awal Bulan
 
3.   Fikih Kewanitaan oleh Umyun Khabbibah, S.Ag seorang guru Bahasa Arab

 Umyun Khabbibah, S.Ag dengan materi Fikih Keputrian

4.   Motivasi dalam Islam oleh Nurhayanti, S.Pd, M.Sc seorang guru Biologi.

                                 Nurhayanti, S.Pd, M.Sc dengan materi Islam sebagai motivasi

5.   Kajian ba’da shalat Dhuha, Kajian Ba’da Dhuhur, Kajian menjelang buka puasa,

Di samping itu diselenggarakan kegiatan-kegiatan ibadah yang meliputi shalat fardhu, shalat Dhuha, Jamaah shalat Tarawih berjamaah yang dibimbing langsung oleh para guru agama.

Zakat Fithri
Untuk memupuk rasa solidaritas dan ukhuwah Islamiyah bagi para peserta didik, MAN 1 Kalibawang juga mengadakan pengumpulan dan penyaluran zakat Fithri. Para guru, pegawai dan peserta didik mengumpulak zakat Fithrinya di Madrasah. Dari 38 guru dan pegawai, beserta peserta didik yang mampu menunaikat zakat Fithri terkumpul 550 kg beras lalu di salurkan kepada sebagian peserta didik yang membutuhkan dan juga kepada masyarakat di sekitar madrasah.

Lomba Mubaligh
Satu kegiatan lagi yang dianggap favorit adalah lomba mubaligh. Lomba ini yang diikuti oleh wakil-wakil setiap kelas dari kelas X dan XI IPA/IPS. Pemenang lomba ini dirancang untuk ditampilkan di depan para orang tua wali peserta didik pada saat pembagian laporan hasil belajar pada hari Sabtu 27 Juni 2015.
(Laporan: Sugiyanta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar