Senin, 24 November 2014

KEMAH DHARMA BAKTI DAN WORKSHOP PENINGKATAN MUTU GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MAN 1 KALIBAWANG



KEMAH DHARMA BAKTI DAN WORKSHOP PENINGKATAN MUTU GURU
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MAN 1 KALIBAWANG

Bertempat di Tempat Evakuasi Akhir di Tanjung Muntilan Kabupaten Magelang, MAN 1 Kalibawang melaksanakan tiga sekaligus yaitu Kemah Dharma Bakti Gugus Depan MAN 1 Kalibawang, Bakti Sosial, dan Workshop Peningkatan Mutu Guru dan Tenaga Kepenidikan dalam Bidang Penilaian Guru dan Pelaporan Penilaian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis sampai dengan Sabtu (13-15 November 2014).

Perkemahan
Kemah Dharma Bakti Gugus Depan MAN 1 Kalibawang berisi kegiatan-kegiatan yang berisi pemupukan jiwa kepemimpinan, kekompakan, kerja sama, gotong royong, dan rasa peduli terhadap orang lain. Hal ini diungkapkan oleh Pembina Pramuka Triyanta, S.Pd. Acara dibuka oleh Kepala Madrasah, Drs. H. Mardi Santosa, pada hari Kamis 13 November 2014, tepat pukul 10.00. Ia menyatakan bahwa hendaknya para peserta mengikuti kegiatan sebaik-baiknya karena kakak-kakak Pembina sudah merancang kegiatan sebaik-baiknya. Seluruh kegiatan, jika diikuti dengan baik, akan memberikan dampak dan pengalaman yang baik setelah para siswa terjun langsung di tengah masyarakat, baik dalam keadaan normal maupun darurat. Kegiatan ini pasti juga akan memupuk hidup secara mandiri tanpa harus banyak menggantungkan diri pada orang lain.
Acara diisi dengan outbond yang menarik dan menantang, mencari jejak, jurit malam, kuis, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial berupa gerakan kebersihan seluruh lingkuangan Tempat Evakuasi Akhir yang masyarakat lebih mengenal sebagai TPA (Tempat Pengungsi Akhir). Perkemahan ditutup pada hari Sabtu tanggal 15 November 2014 oleh Waka Urusan Kesiswaan di Gedung Utama karena hari itu hujan lebat.

Bakti Sosial
Dalam acara itu juga diselenggarakan Bakti Sosial pada hari Sabtu 15 November 2014. Bakti sosial berupa pembagian 150 bingkisan sembako senilai Rp.25.000. kepada masyarakat di sekitar Tempat Evakuasi Akhir. Penentuan penerima dibantu oleh (kepala) Dukuh setempat. Alhamdulillah warga menyambutnya secara antusias dan berlangsung sangat lancar. Acara ini dioordinasi oleh Wakul Kepala Urusan Humas dan Keagamaan, Triyanta, S.Pd.

Workshop Pengingkatan Mutu Guru dan Tenaga Kepeendidikan
Pada hari Jumat, 14 November 2014, juga diselenggarakan Workshop Pengingkatan Mutu Guru dan Tenaga Kepeendidikan untuk memperdalam system penilaian guru mata pelajaran dan penilaian pada laporan hasil belajar. Peserta worksop adalah semua guru dan pegawai MAN 1 Kalbawang dan beberapa guru yang selama ini menambah jam di MAN 1 Kalibawang. Sugiyanta, S.Ag, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum menegaskan bahwa workshop ini terutama ditujukan kepada semua guru selaku guru mata pelajaran dan wali kelas. Karena system penilaian Kurikulum 2013 berbeda dengan penilaian pada Kurikulum sebelumnya sangat terbantu dengan workshop ini. Bagi staf tata usaha, workshop ini diharapkan memberikan banyak wawasan pengetahuan tentang penilaian, sehingga bila suatu saat, ia harus bekerja sama dengan guru, cepat mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan system penilaian.
Acara pembukaan dipandu oleh Drs. Ismiyono. Acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran oleh Umyun Khabbibah, S.Ag, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars dan Hymne Madrasah dengan dirigent Nurhayanti, S.Pd, M.Sc. Dilanjutkan dengan laporan panitia oleh Sekretaris Panitia, Sudrajad, S.Pd. Sambutan oleh Drs. H. Mardi Santosa selaku kepala Madrasah. Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Kementerian Agama, Imam Khoiri, S.Ag, MA dilanjutkan materi workshop pertama Pengembangan Pendidikan Madrasah.
Sesi workshop kedua dan ketiga diisi  materi penilaian oleh Drs. Toto Setiadi dan dipandu oleh Nur Ridho, S.Pd dan Triyanto, S.Pd. Akhirnya workshop ditutup pada pukul 15.00 oleh Sugiyanta, S.Ag, M.Pd selaku Ketua Panitia (Sugi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar